Selasa, 13 Juli 2010

merawat kulit si buah hati

Perawatan kulit memiliki peran yang penting untuk memastikan si kecil tumbuh bahagia dan sehat. Sebagai orang tua Anda harus mengetahui produk apa yang bisa digunakan dan mana yang dianggap perlu.

Kebanyakan orangtua cenderung menganggap perawatan kulit bayi hanya terdiri dari bedak dan lotion bayi. Menurut Uwe Stave, M.D. dokter anak dan pengajar di fakultas ilmu kesehatan anak University of Miami bedak bayi sebenarnya dapat digantikan oleh produk yang lebih efektif. Jika bayi Anda menderita ruam popok (sebuah iritasi kulit yang umum bagi bayi baru lahir), beralihlah pada penggunaan salep atau krim khusus yang dapat menghilangkan ruam tersebut dalam jangka panjang daripada menggunakan tabur bedak bayi pada pantat bayi Anda.

Berhati-hati akan penggunaan produk sabun bayi, tisu bayi, sabun cuci, shampo, lotion dan item lainnya yang bersentuhan baik secara langsung atau tidak dengan kulit bayi. Usahakan produk tersebut bebas parfum dan dibuat dari bahan-bahan alami, bukan bahan buatan atau pengawet.

Dikatakan juga bahwa tidak perlu memandikan bayi Anda setiap hari. Bila bayi Anda masih berumur satu tahun kurang, kemungkinan dia menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tidur bayi dan di lengan Anda dari pada merangkak di lantai atau di luar rumah.

Memandikan bayi beberapa kali seminggu lebih dari cukup untuk menjaga dirinya bersih dan segar. Hal yang juga dianjurkan yaitu hanya menggunakan sabun di daerah-daerah yang kotor, seperti kaki, tangan, alat kelamin dan ketiak. Bilasan hangat di area lain tubuh sudah cukup.

Sama seperti orang dewasa, bayi dapat mengalami terluka akibat sinar matahari dan sengatan matahari. Tetapi penting untuk diingat bahwa tabir surya dan produk serupa tidak boleh digunakan pada bayi lebih muda dari usia enam bulan karena mereka bisa menjadi lebih rentan terhadap reaksi alergi.

Jika bayi Anda terlalu muda untuk tabir surya Anda dapat melindungi dirinya dari sinar UV dengan mengenakan topi dengan pinggiran lebar menutupi wajah dan leher dan menggunakan pakaian panjang longgar longgar sehingga sinar UV tidak dapat mengenai kulit langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar