Kamis, 15 Juli 2010

Cara Hilangkan Stres Hanya Dalam 10 Menit

Saat stres melanda, yang terpikirkan oleh Anda adalah pergi berlibur sesegera mungkin. Tapi bila keadaan tidak memungkinkan, ada cara cepat dan tepat untuk hilangkan stres.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan stres. Menariknya, hal tersebut hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit. Mau tahu?

Meditasi
Ambil waktu 10 menit untuk bermeditasi. Ini merupakan cara ampuh untuk menenangkan pikiran. Pergilah ke tempat yang tenang, tutup mata Anda dan fokus pada pernafasan. Anda banyak cara meditasi yang dapat Anda lakukan, carilah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berjalan-jalan

Dengan berjalan kaki dapat membantu Anda menjernihkan pikiran, sehingga emosi pun akan stabil. Nikmati pemandangan di sepanjang jalan, hal itu akan membuat pikiran lebih segar.

Buatlah jurnal
Mengekspresikan perasaan dengan menuangkannya dalam sebuah jurnal, dapat membantu melepaskan emosi dan pikiran di atas kertas. Luangkan 10 menit waktu Anda untuk menulis apa saja yang ingin Anda tulis.

Beberapa hari kemudian, baca kembali jurnal tersebut dan renungkanlah. Cari solusi yang tepat untuk masalah tersebut. Selain dapat melampiaskan emosi, Anda pun dapat mengidentifikasi masalah tersebut.

Main dan rangsang
Main dan rangsang disini bukan berarti hal-hal yang negatif. Saat stres tidak dapat dibendung, istirahatkan diri dengan permainan yang merangsang otak seperti, rubik, puzzle, solitaire dan teka-teki silang. Permainan otak ini dapat mengalihkan pikiran Anda dari hal yang membuat stres. Permainan ini sangat menyenangkan, sehingga Anda harus pintar-pintar membatasi diri. Jangan sampai lupa akan pekerjaan karena terlalu asyik bermain.

Bayangkan liburan

Sisihkan waktu 10 menit untuk membayangkan hal-hal yang menyenangkan, seperti tempat liburan favorit, kenangan masa kecil atau orang yang Anda sayangi. Hal tersebut terbukti mampu menenangkan pikiran Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar