Rabu, 14 Juli 2010

Do's & Don't's Untuk Rambut Berminyak

Bagi Anda yang memiliki kulit kepala serta rambut yang berminyak, perawatannya sedikit rumit. Produksi minyak yang berlebihan membuat rambut Anda lebih mudah kotor dan berketombe. Ada beberapa resep khusus yang wajib dilakukan dan kebiasaan-kebiasaan yang harus dihindari untuk kulit kepala dan rambut yang berminyak.

Do's
1. Keramaslah setiap kali rambut Anda kotor dan mulai berminyak. Jika itu berarti dua kali dalam sehari, masih sah saja ketimbang membiarkan rambut berminyak mengeluarkan bau tidak sedap.

2. Setelah keramas, beri rambut Anda satu sendok perasan jeruk lemon yang dicampur dengan sedikit air, lalu oleskan secara merata kulit kepala.

3. Buatlah ramuan yang terbuat dari dua butir telur yang dikocok dengan empat sendok makan rum atau brandy. Oleskan ramuan tersebut ke rambut dan kulit kepala Anda, lalu pijat perlahan (seperti saat creambath), setelah selesai, tutupi kepala Anda dengan handuk yang telah direndam dengan air hangat.

Setelah handuk dingin, bilas rambut anda hingga bersih. Ramuan tersebut akan membuat rambut anda lebih mengembang dan tampak bervolume. Untuk hasil maksimal, lakukan hal ini dua kali seminggu.

4. Sisirlah rambut Anda sebelum berkeramas. Dengan menyisir, sel-sel kulit kepala yang mati dan minyak-minyak yang berlebihan akan terangkat, sehingga hasil keramas anda akan lebih bersih.

5. Buatlah larutan dari air yang direbus dengan daun Thyme. Daun tersebut berkhasiat untuk melindungi kulit kepala agar terbebas dari ketombe. Ratakan larutan tersebut ke seluruh permukaan kulit kepala setelah keramas, dan Anda tidak perlu membilasnya.

Dont's
1. Memakai shampoo yang terlalu keras indikasinya akan merusak lapisan kulit kepala Anda.

2. Memakai kondisioner yang mengandung minyak secara berlebihan, karena akan membuat kulit kepala semakin berminyak dan rambut semakin lepek.

3. Ketika hendak creambath, jangan memakai larutan yang mengandung minyak ataipun uap yang terlalu panas, karena akan memicu produksi minyak lebih banyak. Akan lebih baik jika Anda memakai larutan mawar, atau air biasa.

4. Makan makanan yang mengandung minyak berlebih atau goreng-gorengan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar