Selasa, 13 Juli 2010

kenali jenis komedo dan perawatannya

Komedo sering kali membuat kulit wajah terlihat kusam dan kasar. Bagaimana agar kulit terbebas dari komedo? Berikut cara perawatannya.

Komedo merupakan penyumbatan minyak, kotoran atau make-up yang berada di bawah kulit. Ada hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkan komedo tersebut.

Pertama-tama, kenali terlebih dahulu jenis komedo. Ada namanya blackhead komedo dan whitehead komedo. Black head komedo seperti pori-pori yang memebesar dengan titik-titik hitam. Sedangkan whitehead komedo berupa titik-titik kecil berwana putih.

Perawatan Blackhead komedo
1. Jika komedo sudah banyak menumpuk di sekitar hidung, lakukanlah perawatan facial dua sampai tiga kali dalam sebulan. Tidak disarankan untuk melakukan facial terlalu sering, karena membuat kelenjar minyak semakin aktif yang malah menimbulkan banyak komedo.

2. Membersihkan wajah dengan scrub dua kali seminggu. Setelah itu, bilas dengan air dingin untuk merapatkan pori-pori.

Perawatan Whitehead komedo
1. Bersihkan wajah dengan sabun muka atau scrub yang mengandung asam salisilat. Kandungan asam salisilat akan mengangkat lemak di hidung yang mengakibatkan terjadinya komedo.

2. Setiap selesai membersihkan wajah, memakai sabun atau susu pembersih, usapkan toner dengan kapas ke wajah.

Rawatlah dengan rutin kulit wajah Anda, untuk memberikan wajah bebas komedo, bisa juga memakai pore strip pada bagian hidung secara ruting seminggu sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar