Kamis, 17 Juni 2010

Sehatkah Gaya Sibuk Anda

Kehidupan masyarakat perkotaan identik dengan gaya hidup tak sehat yang dapat memicu sejumlah penyakit degeneratif pada usia dini. Kesibukan tanpa jeda yang dialami masyarakat perkotaan seringkali memicu proses kemunduran fungsi sel tubuh lebih cepat.

Penyakit degeneratif adalah istilah medis untuk menjelaskan suatu penyakit yang muncul akibat proses kemunduran fungsi sel tubuh seperti diabetes melitus, hipertensi, stroke, jantung koroner, kardiovaskular, kanker, osteoporosis, dan obesitas. Penyakit ini memiliki korelasi kuat dengan proses penuaan.

Tingginya aktivitas masyarakat perkotaan memicu proses penuaan yang lebih cepat yang berdampak pada kemunduran fungsi sel tubuh. Tak heran, jika dewasa ini semakin banyak masyarakat perkotaan yang mengidap penyakit degeneratif sebelum usia 50 tahun.

Dokter spesialis penyakit dalam dan spesialis geriatri, Nina Kemala, mengatakan, kesibukan seringkali membuat seseorang mengabaikan pola makan dan olahraga teratur. “Inilah yang menjadi penyebab, gaya hidup tidak sehat," katanya dalam diskusi 'Sehatkan Gaya Hidup Sibuk Anda', Jakarta, 6 Februari 2010.

Nina mengingatkan bahwa pola makan dan olahraga teratur sangat membantu seseorang meningkatkan kualitas hidup. Gaya hidup sehat dan seimbang semacam itu dapat membantu mencegah seseorang terserang penyakit degeneratif.

Berikut tips sehat untuk mengimbangi kesibukan Anda:
1. Jaga berat badan agar tetap seimbang
2. Buat jadwal olahraga secara teratur
3. Giat mengembangkan hobi
4. Pola pikir sehat
5. Istirahat cukup
6. Lakukan kontrol kesehatan secara rutin
7. Atur pola makan sehat
- porsi makan jangan terlalu besar karena justru akan membebani lambung
- variasikan jenis makanan, usahakan mengandung 4 sehat 5 sempurna
- minimal 5 porsi buah dan sayur per hari atau sebanyak 425 kalori sekali makan
- hindari alkohol dan batasi gula serta garam
- jika sibuk dan tak sempat makan, sediakan selalu makanan pengganti, meal replacement eperti sereal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar