Kamis, 17 Juni 2010

4 kunci sukses memulai usaha

Memulai usaha sendiri memang tidak mudah. Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Jika Anda tertarik untuk memulai usaha atau bisnis sendiri ada empat hal yang harus diperhatikan.

Pertama, mulailah dari ketertarikan dan minat Anda sendiri. Bukan karena diminta orang lain atau sekadar mengisi waktu. Saat berbisnis selalu ada risiko kegagalan. Jika bisnis yang dijalani berasal dari minat sendiri yang begitu besar, kegagalan besar ataupun kecil pasti bisa teratasi. Niat dan minat Anda merupakan kunci penting dalam menjalankan sebuah usaha.

Kedua, kembangkan produk dan brand (label). Produk yang Anda miliki, usahakan berbeda dari yang sudah ada. Jika sama cobalah berkreasi untuk membuat kekhasan. Perbedaan ini sangat penting untuk mempermudah Anda melakukan pemasaran. Selalu lakukan inovasi dan hal-hal baru pada produk. Jangan biarkan produk stagnan dan tidak berkembang.

Ketiga, kelola keuangan dengan baik. Pengelolaan keuangan adalah hal yang sangat penting. Laporan yang menyeluruh dan detail sangat dibutuhkan. Buatlah laporan keuangan sekecil apapun bisnis yang Anda lakukan. Hal ini akan membuat Anda mengetahui aliran dana dan lebih disiplin dalam mengelola modal.

Keempat, bentuk tim kerja yang baik. Jika usaha sudah mulai berkembang dan Anda tidak mungkin menjalankannya sendiri mulailah merekrut orang untuk dipekerjakan. Bentuklah tim yang solid dan ciptakan suasana kerja yang tidak hanya nyaman bagi Anda tetapi juga para pekerja. Jangan menganggap sepele pendapat para pekerja Anda. Pendapat mereka akan sangat Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar